qHP/WA: 081330893689
Hot Item!

DEALER WULING SURABAYA JATIM

HP/WA : 081330893689 (Wahyu)
PROMO HARGA CICILAN / KREDIT WULING SURABAYA, SIDOARJO, GRESIK & SELURUH WILAYAH JAWA TIMUR - HP/WA : 081330893689
Beranda » Mobil Wuling » JAWA TIMUR | WulingSurabaya.Net

JAWA TIMUR | WulingSurabaya.Net

Dealer Wuling Surabaya | Dilihat: 16 kali

jawa timur, jatim, Surabaya,  Sidoarjo,  Gresik,  Pasuruan,  Bangil,  Pandaan,  Mojokerto,  Malang,  Jombang,  Probolinggo,  Lamongan,  Tuban,  Bojonegoro,  Ngawi,  Madiun,  Magetan,  Ponorogo,  Pacitan,  Trenggalek,  Tulungagung,  Blitar,  Lumajang,  Jember,  Banyuwangi,  Situbondo,  Bondowoso,  Kediri,  Nganjuk,  Madiun,  Bangkalan,  Sampang,  Pamekasan,  Sumenep, madura

JAWA TIMUR | WulingSurabaya.Net

Jawa Timur adalah sebuah provinsi di bagian timur Pulau Jawa, Indonesia. Ibu kota Jawa Timur ialah kota Surabaya. Luas wilayahnya yakni 47.803,49 km², dengan jumlah penduduk sebanyak 40.665.696 jiwa (2020) dan kepadatan penduduk 851 jiwa/km2.

Jawa Timur memiliki wilayah terluas di antara 6 provinsi di Pulau Jawa, dan memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di Indonesia setelah Jawa Barat. Jawa Timur berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Selat Bali di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Provinsi Jawa Tengah di barat. Wilayah Jawa Timur juga meliputi Pulau Madura, Pulau Bawean, Pulau Kangean, Kepulauan Kangean serta sejumlah pulau-pulau kecil di Laut Jawa yakni: (Kepulauan Masalembu), Samudera Hindia, (Pulau Sempu dan Nusa Barung).

Provinsi ini didiami oleh kelompok etnis yang beragam, seperti suku Jawa, suku Madura, dan orang Tionghoa-Indonesia. Jawa Timur merupakan rumah bagi 3 etnis asli (lokal) yaitu Jawa, Madura, dan Bawean. Di Jawa Timur hanya ada 3 suku inti/pokok yang diakui yaitu Jawa, Madura & Bawean, yang mungkin didalam etnis tsb terdapat/terbagi lagi menjadi beberapa subsuku. Sebagian besar masyarakat di Jawa Timur menganut agama Islam, sekitar 96% dari total populasi. Agama lain seperti Kristen, yang sebagian besar dianut oleh orang Tionghoa-Indonesia dan imigran dari Indonesia Timur dan Sumatra Utara, dan juga agama Hindu yang kebanyakan dianut oleh suku Tengger di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan suku Bali yang mendiami bagian paling timur provinsi yang berbatasan dengan Bali. Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi provinsi dan juga seluruh bangsa, tetapi bahasa Jawa dan bahasa Madura adalah bahasa yang paling sering digunakan. Bahasa Indonesia hanya digunakan untuk komunikasi antaretnis dan keperluan resmi.

Jawa Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang menawarkan berbagai jenis tempat wisata. Daerah ini menawarkan berbagai objek wisata alam mulai dari gunung, pantai, gua, hingga air terjun. Pada umumnya, hampir setiap kabupaten atau kota di Jawa Timur memiliki tujuan wisata yang unik, seperti gunung berapi Ijen di Banyuwangi, Taman Nasional Baluran di Situbondo, dan sebagainya.

Jawa Timur dikenal sebagai pusat industri dan keuangan kawasan Tengah dan Timur Indonesia, yang memiliki signifikansi perekonomian cukup tinggi, yakni berkontribusi sekitar 15% terhadap Produk Domestik Bruto nasional.

Jawa Timur telah dihuni manusia sejak zaman prasejarah. Hal ini dapat dibuktikan dengan ditemukannya sisa-sisa dari fosil Pithecanthropus mojokertensis di Desa Kepuhklagen, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik; Pithecanthropus erectus di Trinil, Ngawi; dan Homo wajakensis di Wajak, Tulungagung.

Setelah kemerdekaan Indonesia, Indonesia terbagi menjadi 8 Provinsi, dan Jawa Timur termasuk salah satu provinsi tersebut. Gubernur pertama Jawa Timur adalah R. Soerjo, yang juga dikenal sebagai pahlawan nasional.

Tanggal 20 Februari 1948 di Madura dibentuk Negara Madura, dan tanggal 26 November 1948 dibentuk Negara Jawa Timur, yang kemudian menjadi salah satu negara bagian dalam Republik Indonesia Serikat. Negara Jawa Timur dibubarkan, dan bergabung ke dalam Republik Indonesia tanggal 25 Februari 1950, dan tanggal 7 Maret 1950 Negara Madura memberikan pernyataan serupa. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1950, dibentuk Provinsi Jawa Timur.

Pemandangan pegunungan di kawasan Tapal Kuda di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru pada pagi hari.

Provinsi Jawa Timur berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Selat Bali di timur. Samudera Hindia di selatan, serta Provinsi Jawa Tengah di barat. Panjang bentangan barat-timur sekitar 400 km, lebar bentangan utara-selatan di bagian barat sekitar 200 km, namun di bagian timur lebih sempit hingga sekitar 60 km. Madura adalah pulau terbesar di Jawa Timur, dipisahkan dengan daratan Jawa oleh Selat Madura. Pulau Bawean berada sekitar 150 km sebelah utara Jawa. Di sebelah timur Madura terdapat gugusan pulau-pulau, yang paling timur adalah Kepulauan Kangean, dan yang paling utara adalah Kepulauan Masalembu. Di bagian selatan terdapat dua pulau kecil yakni Nusa Barung, dan Pulau Sempu.

Secara fisiografi wilayah Provinsi Jawa Timur dapat dikelompokkan dalam tiga zona: zona selatan (plato), zona tengah (gunung berapi), dan zona utara (lipatan). Dataran rendah, dan dataran tinggi pada bagian tengah (dari Ngawi, Blitar, Malang, hingga Bondowoso) memiliki tanah yang cukup subur. Pada bagian utara (dari Bojonegoro, Tuban, Gresik, hingga Pulau Madura) terdapat Pegunungan Kapur Utara, dan Pegunungan Kendeng yang relatif tandus.

Salju ringan dan embun beku terjadi di dataran tinggi Jawa Timur di ketinggian lebih dari 1.500 meter di atas permukaan laut pada pertengahan tahun saat larut malam hingga pagi hari.

Pada bagian tengah terbentang rangkaian pegunungan berapi. Di perbatasan dengan Jawa Tengah terdapat Gunung Lawu (3.265 meter). Di sebelah Tenggara Madiun tedapat Gunung Wilis (2.169 meter) dan Gunung Liman (2.563 meter). Pada koridor tengah terdapat kelompok Anjasmoro dengan puncak-puncaknya Gunung Arjuno (3.339 meter), Gunung Welirang (3.156 meter), Gunung Anjasmoro (2.277 meter), Gunung Kawi (2.551 meter), dan Gunung Kelud (1.731 meter); pegunungan tersebut terletak di sebagian Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Mojokerto, dan Kabupaten Jombang. Kelompok Tengger memiliki puncak Gunung Bromo (2.329 meter) dan Gunung Semeru (3.676 meter). Semeru, dengan puncaknya yang disebut Mahameru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa. Di daerah Tapal Kuda terdapat dua kelompok pegunungan: Pegunungan Iyang dengan puncaknya Gunung Argopuro (3.088 meter), dan Pegunungan Ijen dengan puncaknya Gunung Raung (3.344 meter).

Pada bagian selatan terdapat rangkaian perbukitan, yakni dari pesisir pantai selatan Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, hingga Malang. Pegunungan Kapur Selatan merupakan kelanjutan dari rangkaian Pegunungan Sewu di Yogyakarta.

Dua sungai terpenting di Jawa Timur adalah Sungai Brantas (290 km) dan Sungai Bengawan Solo (548 km). Sungai Brantas memiiki mata air di lereng Gunung Arjuno di daerah Batu, dan mengalir melalui sebagian daerah di Jawa Timur, seperti Malang, Blitar, Tulungagung, Kediri, Jombang, serta Mojokerto. Di Mojokerto, Sungai Brantas terpecah menjadi dua: Kali Mas dan Kali Porong; keduanya bermuara di Selat Madura. Sungai Bengawan Solo memiliki mata air di lereng Gunung Lawu yang merupakan perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah, dan mengalir melalui sebagian daerah Jawa Tengah bagian timur dan Jawa Timur, yang akhirnya bermuara di wilayah Gresik. Sungai Brantas dan Sungai Bengawan Solo dikelola oleh Perum Jasa Tirta I.

Di lereng Gunung Lawu di dekat perbatasan dengan Jawa Tengah terdapat Telaga Sarangan, sebuah danau alami. Bendungan utama di Jawa Timur antara lain Waduk Ir. Sutami, dan Bendungan Selorejo, yang digunakan untuk irigasi, pemeliharaan ikan, dan pariwisata.

Jawa Timur memiliki iklim tropis basah. Dibandingkan dengan wilayah Pulau Jawa bagian barat, Jawa Timur pada umumnya memiliki curah hujan yang lebih sedikit. Curah hujan rata-rata 1.900 mm per tahun, dengan musim hujan selama 100 hari. Suhu rata-rata berkisar antara 21–34 °C. Suhu di daerah pegunungan lebih rendah, dan bahkan di daerah Ranu Pani (lereng Gunung Semeru), suhu bisa mencapai minus 4 °C, yang menyebabkan turunnya salju lembut.Jumlah penduduk Jawa Timur pada tahun 2020 adalah 40.665.696 jiwa, dengan kepadatan 851 jiwa/km2. Pada tahun 2020, kabupaten dengan jumlah penduduk terbanyak di provinsi Jawa Timur adalah Kabupaten Malang dengan jumlah penduduk sebanyak 2.654.448 jiwa, sedangkan kota dengan jumlah penduduk terbanyak adalah Kota Surabaya sebanyak 2.874.000 jiwa. Laju pertumbuhan penduduk adalah 0,76% per tahun (2010).

Mayoritas penduduk Jawa Timur adalah suku Jawa, namun demikian, etnisitas di Jawa Timur lebih heterogen terkhusus suku Jawa yang juga mempunyai banyak subsuku. Suku Jawa menyebar hampir di seluruh wilayah Jawa Timur daratan. Suku Madura utamanya mendiami wilayah Pulau Madura, Pulau Kangean, Kepulauan Kangean dan sebagian daerah Tapal Kuda/Pendalungan (Jawa Timur bagian timur), terutama di daerah pesisir utara dan selatan. Di sejumlah kawasan Tapal Kuda/Pendalungan, suku Madura bahkan merupakan mayoritas. Hampir di seluruh kota di Jawa Timur terdapat minoritas suku Madura, umumnya mereka bekerja di sektor informal.

Suku Bawean mendiami Pulau Bawean di bagian utara Kabupaten Gresik. Jawa Tengger, konon adalah keturunan pelarian Kerajaan Majapahit, tersebar di Pegunungan Tengger, dan sekitarnya. Jawa Osing tinggal di sebagian wilayah Kabupaten Banyuwangi. Orang Jawa Samin tinggal di sebagian pedalaman Kabupaten Bojonegoro.

Selain penduduk asli, Jawa Timur juga merupakan tempat tinggal bagi para pendatang. Orang Tionghoa adalah minoritas yang cukup signifikan, dan mayoritas di beberapa tempat, diikuti dengan Arab, Pakistani/Punjab dan India; mereka umumnya tinggal di daerah perkotaan. Suku Bali juga tinggal di sejumlah desa di Kabupaten Banyuwangi. Dan juga banyak ekspatriat yang tinggal di Jawa Timur, terutama di Surabaya, dan sejumlah kawasan industri lainnya.

Suku bangsa di Jawa Timur, berdasarkan data BPS tahun 2010 yaitu:

Nomor Suku Bangsa Jumlah
1 Jawa 30.350.415
2 Madura 6.520.403
3 Tionghoa 244.395
4 Bawean 60.703
5 Batak 56.339
6 Minang 46.233
7 Sunda 42.747
8 Arab 20.735
9 Bali 20.363
10 Melayu 17.756
11 Bugis 16.100
12 Banjar 12.405
13 Lombok 11.666
14 Manado 10.869
15 Suku Asal NTT 9.631

Kota – Kota di Jawa Timur

Surabaya,  Sidoarjo,  Gresik,  Pasuruan,  Bangil,  Pandaan,  Mojokerto,  Malang,  Jombang,  Probolinggo,  Lamongan,  Tuban,  Bojonegoro,  Ngawi,  Madiun,  Magetan,  Ponorogo,  Pacitan,  Trenggalek,  Tulungagung,  Blitar,  Lumajang,  Jember,  Banyuwangi,  Situbondo,  Bondowoso,  Kediri,  Nganjuk,  Madiun,  Bangkalan,  Sampang,  Pamekasan,  Sumenep.

links : surabaya, sidoarjo, gresik, jawa timur

tags: jawa timur, jatim, Surabaya,  Sidoarjo,  Gresik,  Pasuruan,  Bangil,  Pandaan,  Mojokerto,  Malang,  Jombang,  Probolinggo,  Lamongan,  Tuban,  Bojonegoro,  Ngawi,  Madiun,  Magetan,  Ponorogo,  Pacitan,  Trenggalek,  Tulungagung,  Blitar,  Lumajang,  Jember,  Banyuwangi,  Situbondo,  Bondowoso,  Kediri,  Nganjuk,  Madiun,  Bangkalan,  Sampang,  Pamekasan,  Sumenep, madura

Bagikan informasi tentang JAWA TIMUR | WulingSurabaya.Net kepada teman atau kerabat Anda.

JAWA TIMUR | WulingSurabaya.Net | PROMO DEALER WULING SURABAYA | WA: 081330893689

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR

Dealer Wuling Surabaya

WULING PERDANA KENJERAN SURABAYA

Jl. Raya Kenjeran No. 619 Surabaya
HP/WA: 081330893689

Visitor

006523
Users Today : 7
Users Yesterday : 17
Who's Online : 1
Your IP Address: 3.80.3.192
Server Time: 2021-10-27
CALL NOW: 081330893689